Perkemahan Pra Bantara

Kalian pasti pernah mengikuti Pramuka kan? Entah itu di SD, SMP, maupun SMA. Nah, ketika memasuki jenjang SMA, kalian akan mengetahui bagaimana sebenarnya isi dari Pramuka tersebut. Tahu sendiri kan perbedaan Tri Satya kedua antara Pramuka Penggalang dengan Penegak? Yups! Betul sekali. Tri Satya Penegak lebih menekankan pada pengabdian langsung kepada masyarakat.

Pramuka Penegak sendiri memiliki 2 tingkatan yakni Pengak Bantara dan Penegak Laksana. Untuk dapat mencapai tingkatan-tingkatan tersebut kalian harus memenuhi Syarat-syarat Kecakapan Umum yang dapat kalian lihat sendiri poin-poinnya di buku SKU. Hampir seluruh poin kecakapan adalah kegiatan-kegiatan yang bersinggungan langsung dengan kegiatan di masyarakat. Seperti kegiatan kerja bakti, implementasi pioneering, dan lain sebagainya.

Perkemahan Pra Bantara Merupakan Adat Ambalan Gudep yang Telah Berlangsung Bertahun-Tahun

Peserta perkemahan pra Bantara di SMAN 1 Pesanggaran

Beberapa waktu lalu Gudep P.15-305/306 (nama gudep SMAN 1 Pesanggaran) menyelenggarakan perkemahan pra Bantara. Perkemahan ini dilaksanakan berdasarkan adat ambalan yang ada di SMAN 1 Pesanggaran. Tujuannya adalah untuk menempa calon Penegak Bantara agar memiliki sikap mental dan kedisiplinan yang lebih baik sekaligus agar lebih memahami tentang pentingnya menjadi seorang Penegak Bantara. Di wilayah korwil IV (Kwarcab Banyuwangi bagian selatan) hanya SMAN 1 Pesanggaran yang menyelenggarakan perkemahan seperti ini.

Perkemahan pra Bantara merupakan tolok ukur kesiapan adik-adik kelas X yang berminat menjadi Penegak Bantara. Beberapa poin SKU yang telah ditempuh oleh adik-adik Pramuka diuji kevalidannya dalam perkemahan ini. Ternyata kegiatan semacam ini terbukti ampuh untuk semakin mematangkan kepribadian adik-adik Pramuka.

Beberapa SMA di wilayah Kwartir Cabang Banyuwangi ternyata ada yang mengadopsi kegiatan semacam ini, meskipun berbeda dalam penyusunan acara dan teknis kegiatan. Intinya, isi kegiatannya merupakan pemantapan adik-adik Pramuka sebelum menjadi Penegak Bantara. Perbedaan tak menjadi masalah. Yang terpenting semangat kepramukaanya harus sama yakni tetap menjunjung tinggi Pancasila dan menepati Dasa Darma. Salam Pramuka!

mir