Ekstrakurikuler PMR Pelopor Taman Hijau

Lihatlah-lihatlah
Aku giat menggali
Tidak takut
Diserang sinar matahari

Menanam bunga-bungaan
Dalam tamanku
Untuk menghias
Kebun kampung halamanku


Lagu anak-anak berjudul “Berkebun” yang diciptakan oleh Pak Dai tersebut menunjukkan semangat seorang anak kecil dalam berkebun dan menanam beraneka jenis bunga untuk menghiasi kebun kampung halamannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa sejak kita masih kecil sudah dikenalkan mengenai berkebun melalui hal-hal kecil di sekitar kita. Misalnya saja menanam beraneka jenis bunga di halaman rumah, menanam sayuran di pekarangan, dan lain sebagainya.

Misi Mulia Mengubah Lahan Gundul Jadi Taman Hijau

Anggota PARAMASA saat menanam TOGA di lahan sekolah

Inilah salah satu ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Pesanggaran — Palang Merah Remaja (PMR). Sebagai ekstrakurikuler utama yang berperan dalam bidang kesehatan di sekolah, tentu PMR menyajikan berbagai kegiatan yang bersangkutan dengan materi PMR ataupun bidang kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Latihan rutin PMR SMA Negeri 1 Pesanggaran diadakan setiap Hari Kamis dengan materi yang selalu berbeda setiap minggunya. Berbeda dengan latihan biasanya, kali ini kegiatan para relawan-relawan masa depan ini adalah mengubah lahan gundul di sekitar kamar mandi sekolah menjadi lahan yang akan bermanfaat nantinya untuk warga SMA Negeri 1 Pesanggaran.

Taman Hijau Berisikan TOGA Lengkap Dengan Papan Nama

Tiap deret tanaman lengkap dengan papan nama seperti ini

Kegiatan pada pukul 14.00 WIB tersebut berfokus pada penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Berbagai jenis obat-obatan tradisional sudah disiapkan beserta cangkul dan papan berisikan nama tumbuhan. Terdapat sekitar 10 jenis tanaman yang dibawa mulai dari jahe, kunyit, temulawak, binahong, mahkota dewa, dan sebagainya. Satu per satu jenis tanaman tersebut ditanam menjadi satu deret. Lalu dilanjutkan dengan menancapkan papan nama pada tiap deretan tanaman.

Antusias anggota PARAMASA (begitu sebutan dari PMR Smanggar) terlihat begitu jelas ketika mereka saling bahu membahu membersihkan area sekitar lahan, menggali tanah, sampai menanam tanaman mereka. Dengan berbagai harapan, semoga nantinya tanaman yang mereka tanam dapat tumbuh subur dan bermanfaat bagi lingkungan dan orang-orang yang memanfaatkan hasil dari kebun TOGA tersebut.

mas